SOAL-SOAL BAB PENELITIAN SOSIAL
1. Awal
dari sebuah penelitian adalah bekal alami yang dimiliki oleh manusia, yakni….
A. Naluri
bertindak
B. Pikiran
untuk maju
C. Keingintahuan
D. Motivasi
sukses
E. Perasaan
halus
2. Suatu
penelitian dikatakan objektif apabila….
A. Dapat
dianalisis secara ilmiah
B. Mengungkapkan
dan melaporkan data apa adanya
C. Meneliti
fenomena sosial secara aktual
D. Mengembangkan
prosedur penelitian
E. Menghasilkan
kesimpulan bermanfaat
3. Seorang
peneliti harus memiliki sikap terbuka, artinya….
A. Dapat
memisahkan pendapat pribadi dengan kenyataan
B. Bersedia
memberikan bukti dan siap menerima pendapat orang lain
C. Bebas
menggunakan metode atau teknik dalam analisis data
D. Mau
menggunakan data dari berbagai sumber yang tersedia
E. Boleh
memasukkan keinginan sendiri dalam data penelitian
4. Peneliti
haruslah seseorang yang kompeten. Kompeten bermakna….
A. Obyektif
B. Realistis
C. Valid
D. Keahlian
E. Rasional
5. Penelitian
yang dilakukan untuk mengetahui pola kehidupan suku terasing dapat menggunakan
metode….
A. Historis
B. Eksploratif
C. Deskriptif
D. Eksperimen
E. Lapangan
6. Perhatikan
judul penelitian berikut!
1. Survei
Pedagang Kaki Lima
2. Kehidupan
Ganda Model Plus
3. Pengaruh
Perceraian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak
4. Persepsi
Keperawanan pada siswi SMA
Yang
termasuk penelitian dalam ranah kuantitatif adalah….
A. 1
dan 2
B. 1
dan 3
C. 1
dan 4
D. 2
dan 3
E. 2
dan 4
7. Agar
peneliti dapat segera menyelesaikan pekerjaan penelitian sesuai jadwal, maka
topic penelitian harus memenuhi syarat tertentu, yaitu….
A. Menarik
minat peneliti
B. Menjadi
pusat perhatian
C. Penting
untuk diteliti
D. Tersedia
data
E. Bersifat
faktual
8. Penyusunan
rancangan penelitian harus memenuhi….
A. Standar
ilmiah
B. Pagu
biaya
C. Aturan
normatif
D. Pengertian
dan prinsip
E. Prinsip
ekonomi
9. Rancangan
penelitian haruslah sistematis, artinya….
A. Tersusun
dalam urutan logis
B. Ada
kesesuaian antar unsur
C. Terdapat
ambiguitas dan ambivalensi
D. Dapat
menjelaskan rincian penelitian
E. Mampu
menggambarkan garis besar penelitian
10. Perhatikan
hal-hal berikut ini!
1.
Segala sesuatu yang akan dicari jalan keluarnya
2.
Dugaan atau kesimpulan sementara
3.
Selalu berbentuk kalimat tanyan
4.
Harus dibuktikan dalam penelitian
Yang merupakan ciri-ciri suatu rumusan masalah ialah….
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
1 dan 4
D.
2 dan 3
E.
2 dan 4
11. Perhatikan
rumusan masalah berikut!
“Bagaimanakah persepsi remaja tentang hubungan seks pranikah?”
Rumusan masalah tersebut bersifat….
A.
Deskriptif
B.
Komparatif
C.
Simetris
D.
Kausal
E.
Asimetris
12. Seorang
peneliti mengambil sampel penelitian dengan cara mengelompokkan responden
sesuai dengan tingkatannya. Teknik pengambilan sampel sesuai dengan cara
tersebut adalah….
A.
Rumpun
B.
Wilayah
C.
Bertujuan
D.
Berstrata
E.
Acak sederhana
13. Seorang
peneliti melakukan kajian tentang keberhasilan program wajib belajar 9 tahun di
lima provinsi pulau Jawa, tahun 2011. Peneliti membagi tiga zona barat, tengah
dan timur untuk mempermudah pengelompokan data. Berdasarkan deskripsi tersebut
maka pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah….
A.
Proportional sampling
B.
Random sampling
C.
Area sampling
D.
Group sampling
E.
Purposive sampling
14. Peneliti
menemukan populasi cenderung homogen meskipun jumlahnya banyak. Ia ingin agar
seluruh populasi dapat terwakili, teknik sampling yang cocok digunakan adalah….
A.
Random
B.
Area
C.
Cluster
D.
Stratified
E.
Purposive
15. Penelitian
dilakukan di salah satu sekolah swasta di Semarang. Cara pengambilan sampel
dari populasi terdiri dari tingkatan kelas yang berbeda dan masing-masing
tingkatan menjadi terwakili merupakan teknik sampling….
A.
Random
B.
Berstrata
C.
Wilayah
D.
Bertujuan
E.
Proporsi
16. Peneliti
mendata masyarakat yang tergolong kelas atas, menengah, dan bawah. Masing-masing
kelas diambil sebagai responden. Tindakan yang dilakukan oleh peneliti tersebut
merupakan teknik sampling….
A.
Random berstrata
B.
Kelompok
C.
Bertujuan
D.
Wilayah
E.
Kuota
17. Ketika
akan mengumpulkan data penelitian, peneliti menemukan populasi yang tersebar luas
di berbagai daerah. Untuk memudahkan dalam pengumpulan data, maka ia mengambil sampel secara….
A.
Area sampling
B.
Cluster sampling
C.
Stratified sampling
D.
Purposive sampling
E.
Quote sampling
18. Menggunakan
angket tertutup merupakan pilihan peneliti dengan memperhatikan karakteristik
subjek penelitian sehingga selain memiliki banyak kelebihan juga memiliki
kelemahan. Kelemahan tersebut antara lain adalah….
A.
Peneliti dapat menginggalkan lokasi sesuai
keinginan
B.
Relatif cepat dalam mengambil data secara missal
C.
Diperlukan waktu yang lama untuk memperoleh data
D.
Responden bebas menjawab pertanyaan yang
tersedia
E.
Responden tidak dapat memberikan alternatif
jawaban
19. Seorang
peneliti mengambil data dengan menggunakan teknik wawancara dengan beberapa
warga di daerah objek penelitian. Berdasarkan uraian di atas, yang merupakan
kelebihan dari metode tersebut adalah….
A. Pertanyaan
yang diajukan relatif seragam dan standar
B. Peneliti
memperoleh data yang lebih luas dan mendalam
C. Pertanyaan
dapat dijawab menurut kesempatan informan
D. Peneliti
memperoleh jawaban yang pasti benar dari responden
E. Informan
lebih mudah untuk tidak menunjukkan identitasnya
20. Setelah
mengetahui karakteristik subyek
penelitian, peneliti memutuskan untuk mengumpulkan data menggunakan metode
wawancara. Metode itu memeiliki kelebihan, yaitu….
A. Dapat
menjangkau populasi yang luas
B. Tidak
membutuhkan waktu yang lama
C. Dapat
memperoleh data secara cepat
D. Data
yang diperoleh dapat lebih rinci
E. Kejadian
/ peristiwa dapat terekam langsung
21. Penelitian
terhadap kesiapan siswa kelas XII SMA di Jombang dalam menghadapi UN dan SNMPTN
dilakukan dengan menyebar angket. Kelemahan dari teknik pengumpulan data
tersebut adalah….
A. Tidak
bisa membaca detail kondisi keresahan responden
B. Tingkat
kejujuran responden terlalu mudah ditengarai
C. Data
sulit diolah karena variasi jawaban responden
D. Rahasia
pribadi responden bisa diketahui peneliti
E. Responden
yang sibuk sering sulit ditemui
22. Perhatikan
pertumbuhan ekonomi Indonesia berikut!
Tahun
|
Indonesia
|
Dunia
|
2009
2010
2011
2012
|
4,5%
6,1%
6,5%
6,3%
|
0,6%
5,3%
3,9%
3,5%
|
Rata-rata
|
5,85%
|
3,33%
|
Sumber:
kompas 7-8-2012
Dari tabel
tersebut dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia ….
A. Cukup
tinggi
B. Cukup
rendah
C. Dalam
stagnasi
D. Cukup
memadai
E. Tergolong
gagal
23. Perhatikan
tabel berikut!
Cara ibu agar anak balitanya
makan banyak
|
f
|
%
|
1. Kerestoran
cepat saji
2. Sisuapi
sambil bermain
3. Diberi
vitamin penembah nafsu makan
4. Dimasakkan
makanan kesukaan anak
|
30
20
10
40
|
30
20
10
40
|
Dari tabel
tersebut dapat disimpulkan bahwa….
A. Vitamin
penembah nafsu makan paling disukai para ibu rumah tangga
B. Makan
sambil bermain membuat tidak fokus terhadap apa yang dikerjakan
C. Para
balita menyukai menu siap saji karena dibiarkan oleh keluarga
D. Restoran
cepat saji menjadi pilihan utama para ibu agar anaknya mau makan
E. Sebagian
besar ibu membuat masakan kesukaan anak agar anaknya mau makan
24. Tabel
kepercayaan publik terhadap KPK dalam memberantas korupsi di Indonesia:
No.
|
Opsi
|
Jawaban
|
1.
2.
3.
|
Percaya
Tidak percaya
Tidak tahu
|
54%
39%
7%
|
Dari data
tersebut dapat dijelaskan bahwa….
A. Masyarakat
tidak peduli lagi dengan kasus korupsi
B. Korupsi
sudah merajalela dihampir seluruh kehidupan
C. Tingkat
kepercayaan masyarakat terhadap KPK rendah
D. KPK
terkesan tidak berani mengatasi korupsi tingkat tinggi
E. Sebagian
besar masyarakat percaya akan kemampuan KPK
25. Beberapa
bagian laporan penelitian:
1. Latar
belakang masalah
2. Kerangka
teori dan konsep
3. Daftar
lampiran dan tabel
4. Lampiran
instrument dan tabel
5. Kesimpulan
dan saran
Bagian
laporan penelitian yang termasuk dalam bagian isi adalah….
A. 1,
2, dan 3
B. 1,
2, dan 4
C. 1,
2, dan 5
D. 2,
3, dan 4
E. 3,
4, dan 5
26. Perhatikan
unsur laporan penelitian berikut!
1. Rumusan
masalah penlitian
2. Tujuan
dan manfaat
3. Latar
belakang
4. Daftar
pustaka
5. Indeks
Yang
merupakan unsur bagian laporan dalam bab pendahuluan adalah….
A. 1,
2, dan 3
B. 1,
2, dan 4
C. 1,
3, dan 5
D. 2,
4, dan 5
E. 3,
4, dan 5
27. Seorang
siswi ingin meneliti bagaimana hubungan antara cara belajar siswa dengan
prestasi belajarnya pada pelajaran sosiologi. Ketika ia memutuskan untuk
melakukan penelitian kualitatif, maka rumusan masalah yang dikemukakan adalah….
A. Bagaimana
pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran
sosiologi?
B. Bagaimana
prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi dalam meningkatkan
prestasi belajar?
C. Apakah
hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar dalam mata pelajaran sosiologi?
D. Apakah
ada perbedaan cara belajar siswa dalam pelajaran sosiologi agar prestasi siswa
dapat meningkat?
E. Bagaimana
cara balajar siswa untuk meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran
sosiologi?
28. Seorang
siswi melihat lingkungan kotor disebabkan perilaku masyarakat yang suka
membuang sampah sembarangan. Jika dilakukan kegiatan penelitian kuantitatif,
maka rumusan masalah yang dapat dikemukakan adalah….
A. Bagaimana
kemampuan masyarakat dalam mengelola lingkungannya?
B. Bagaimana
cara masyarakat dalam memelihara kebersihan lingkungannya?
C. Perlukah
masyarakat tertib dalam membuang sampah agar lingkungannya bersih?
D. Apakah
ada pengaruh perilaku masyarakat terhadap sukses seseorang?
E. Bagaimana
pengaruh perilaku membuang sampah terhadap kebersihan lingkunga?
29. Untuk
mengetahui sejauh mana dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang diberikan
oleh pemerintah telah tersalur dengan tepat, maka beberapa LSM (Lembaga Swadaya
Masyarakat) melakukan penelitian ke sejumlah sekolah untuk memantau pelaksanaan
program dengan menyebar angket. Penelitian yang dilakukan oleh lembaga tersebut
termsuk metode penelitian….
A. Eksperimen
B. Evaluasi
C. Terapan
D. Histori
E. Survei
30. Peneliti
ingin mengetahui kehidupan masyarakat miskin di suatu kota. Ia melakukan
observasi dan wawancara dengan beberapa
warga miskin yang menjadi subyek penelitian. Ditinjau dari tempat pengambilan data metode penelitian tersebut
disebut penelitian….
A. Terapan
B. Lapangan
C. Percobaan
D. Laboratorium
E. Pengembangan
EmoticonEmoticon